Monday, June 11, 2012

Interface dan Pemaketan

Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature (atau constant).  Interface mendefinisikan sebuah(signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh. Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class.

 Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class, untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukkan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface .
http://randywdj.wordpress.com/2009/06/28/pembelajaran-interface-pada-pemrograman-java/


Iterface lebih mempermudah sistem analyst dalam membuat konsep aplikasi, interface mirip dengan pola atau bisa juga disebut cetak biru aplikasi.  Cara kerjanya adalah berdasarkan prinsip semua proses yang ada di java harus menggunakan object variabel dari java, jadi yang dikenal adalah object java bukan dari luar, misalnya seperti kita ketahui sql command akan berbeda dari database yang berbeda, bahkan bisa jadi tipe fieldnya juga berbeda.  Jadi syarat penggunaan interface harus menyamakan dahulu dengan melakukan Transfer Object(TO).
Interface tidak berisi perintah kepada system untuk melakukan sesuatu, interface hanya memetakan apa yang harus dikirimkan dan apa yang diharapkan untuk dikembalikan dan seperti yang di sampaikan di atas bahwa yang dikirimkan harus dalam bentuk object java begitu pula yang dikembalikannya.
Interface dalam kehidupan sehari hari ibarat sebuah clausul kontrak, yang berisi pasal pasal, namun pasal pasal tersebut masih kosong dan akan di isi pada saat kontrak tersebut digunakan.  Walaupun semua pasal harus tercantum, tidak berarti setiap pasal tersebut harus ada penjelasannya.

http://www.wawanhartawan.com/myweb/index.php?option=com_content&view=article&id=79:interface-pada-java&catid=40:java-programming-languange&Itemid=60

INTERFACE merupakan jembatan penghubung antara program yang satu dengan yang lain, antara software satu dengan software lain.

Interface perlu digunakan karena dalam software enginering, programer tidak perlu tahu bagaimana detail code software lain ditulis.

http://www.mediatutorial.web.id/2012/03/java-no4-pengertian-interface-dalam.html

Sebuah interface termasuk metode yang sama antara objek yang berbeda, mungkin Anda memiliki objek orang dan objek Anjing, untuk menampilkan field di dalamnya Anda harus typecast ke kelas khusus, hal ini menimbulkan masalah ketika kelas banyak yang terlibat, saat Anda menmabahkan objek kucing sekarang Anda memiliki 3 kasus yang terpisah, contohnya seperti mencetak nama.
Interface memungkinkan Anda untuk memperlakukan objek berdasarkan informasi yang sama. Interface ini juga akan memaksa Anda untuk memasukkan semua metode yang didefinisikan di dalamnya di setiap kelas yang mengimplementasikannya.
http://gicara.com/uncategorized/interface-pada-java.html

Interface adalah class yang hanya mengandung deklarasi method tanpa memiliki implementasi dan semua property yang dimilikinya bersifat final. Interface mirip dengan class abstrak, tetapi interface tidak terikat dengan class hierarki.
Berikut ini adalah aturan yang harus kita ingat tentang pendeklarasian interface:
1. Modifier yang digunakan hanya public atau tidak sama sekali. Jika tidak menggunakan modifier maka interface tersebut hanya dapat diakses dalam package yang sama.
2. Semua variabel yang dideklarasikan dalam interface secara otomatis adalah static final. Karena itu waktu pendeklarasian harus diberikan nilai.
3. Semua method adalah abstrak. Bedanya dengan class abstrak adalah kita tidak perlu menuliskan keyword abstract pada saat mendeklarasikan method dalam interface.
4. Kita dapat mengimplementasikan lebih dari satu interface (multiple inheritance) dengan memisahkan nama dari setiap interface dengan tanda koma.
5. Dapat terjadi saat kita mengimplementasikan lebih dari satu interface ternyata interface – interface tersebut memiliki method yang sama. Dalam hal ini method yang akan diimplementasi adalah method yang berada pada posisi pertama.
6. Semua method yang diimplemetasikan harus public.
7. Jika kita tidak mengimplementasikan semua method yang ada pada interface, maka class tersebut harus dideklarasikan sebagai abstract class.
http://zamzambadruzaman.blog.com/2011/05/18/interface-pada-java/

Masih tertarik mempelajari Java ? Kini kita akan memasuki pembahasan tentang Package atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah paket.
Di dalam Java class-class yang mengandung property, method, konstruktor, interface, ataupun class abstract biasa di kelompokkan dalam sebuah paket. Pemaketan atau pengelompokan di dalam Java memiliki peranan yang sangat vital, mengingat Java digunakan di seluruh dunia maka ada kemungkinan nama class yang kita buat sama dengan class yang dibuat oleh orang lain. Pendeklarasian nama paket di Java harus memenuhi ketentuan di bawah ini :

- menggunakan kata kunci package, dan harus ditempatkan di posisi pertama dari baris program
- untuk menggunakan package yang telah kita buat, kita dapat menggunakan kata kunci import

Di bawah ini contoh program untuk membuat sebuah paket dan cara menggunakannya :

// disimpan di diretory paket kata kunci package harus berada di posisi pertama dari baris program

Code:
package paket;

// kata kunci public diperlukan agar dapat dipanggil dari luar class
public class Test {
   public void cetak() {
    System.out.println(“Testing paket…..”);
   }
}
http://cp27.web.id/v2/printthread.php?tid=707

No comments:

Post a Comment