Monday, October 20, 2014

Tugas kuliah - Definisi Etika



1. Apa definisi (A) etika, (B) moral dan (C) akhlaq ?
2. Cari contoh kasus yang menyangkut (A) etika, (B) moral dan (C) akhlaq.Beri komentar anda dari sudut pandang psikologi, agama, budaya atau lainnya.

Penyelesaian :
1.  (A) Etika adalah suatu ilmu yang mebicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana yang dapat dinilai baik dan mana yang dapat dinilai tidak baik. (Sumber : http://af008.wordpress.com/etika-etiket-dan-moral/ )
(B) Moral merupakan pengetahuan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab. Moral juga berarti ajaran yang baik dan buruk perbuatan dan kelakuan (akhlak). ( Sumber : http://imungblog.blogspot.com/2012/10/pengertian-etika-dan-moral.html )
(C) Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan  pemikiran dan pertimbangan. ( sumber : http://www.academia.edu/5511375/Makalah_agama_Etika_moral_akhlak )

2.  Contoh  (A) Etika : Mengucapkan  “assalamulaikum wr wb “ ketika bertemu sesama orang islam. Menurut saya ini adalah etika yang wajib bagi kita umat islam dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam menyapa seseorang teman kita harus mengucapkan salam untuk menghormati orang tersebut.
Contoh  (B) Moral : kalau kita menemukan tas yang berisikan dokumen penting dan juga sejumlah uang yang terdapat dalam tas tersebut. Seandainya kita memiliki moral yang baik maka kita akan memberikan tas itu kepada pemiliknya atau kalau tidak pada yang berwajib.
Contoh  (C) Akhlak : Berinisiatif adalah akhlak yang terpuji karena sifat tersebut berarti mampu berprakarsa melakukan kegiatan yang positif serta mehindarkan sikap terburu-buru bertindak kedalam situasi sulit, bertindak dengan kesadaran sendiri tanpa menunggu perintah, dan selalu menggunakan nalar ketika bertindak di dalam berbagai situasi guna kepentingan masyarakat.

No comments:

Post a Comment